Musrenbang : Susun Program Kebersihan, Pendidikan dan Pemeliharaan Infrastruktur Lingkungan

Berita Kelapadua,

Rabu, 3 Pebruari 2016, siang pukul 13.00 WIB, digelar Musrenbang Kelurahan Kelapadua. Tampak hadir dalam acara tersebut Camat  Kelapadua, Sekcam, Kasie Ekonomi dan Kasie Pemerintahan Kecamatan. Acara ini dihadiri pula oleh beberapa unsur masyarakat tokoh lingkungan. Diantaranya Pengurus LPMK, Karang Taruna, Pokja Kelurahan Sehat, TP PKK, UPT  Puskesmas Kelapadua, Kepala Sekolah SD, SMP dan SMU 23. Tampak hadir pula unsur Babinsa, Binamas dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

015b8c26959621993a466991ac768716dd8aa99155

Acara yang digelar dalam rangka perencanaan pembangunan tahun 2017 mendatang, di awali dengan sambutan selamat datang yang disampaikan oleh Lurah Kelapadua Dadang Sudrajat. Dalam sambutannya, Dadang menyampaikan beberapa isu dan kondisi yang ada. Dimana ia menyampaikan masalah sosial seputar kamtibmas yang masih belum optimal disertai kerawanan kejahatan. Wilayahnya pun dihadapkan pada masalah  pendataan kos-kosan dan kontrakan yang syarat dengan identitas kependudukan yang perlu ditertibkan. Mengingat jumlah penduduk yang begitu besar kurang lebih 36 ribu dan itupun belum termasuk penduduk yang tidak menetap berdasarkan KTP yang dimiliki.

Sementara untuk program kebersihan, walau saat ini masih terkendali, akan tetapi masih ada satu dua titik yang belum terkelola oleh pengurus lingkungan. Hal ini menjadi tugas kelurahan dan kecamatan untuk menyelesaikannya. Masih dalam paparannya, ia menyampaikan jika ditahun ini akan di evaluasi berbagai capaian program yang sudah digulirkan untuk dasar perencanaan kedepan. Lebih lanjut dalam penjabaran realisasi dan rencana alokasi ditahun 2016 ini di sampaikan dan di jelaskan oleh Kasie Ekbang Kelurahan .

01c6e1804f76b3296bf81c7edac785daee6e0adaf4

Sementara Camat Kelapa Dua Yayat Rohiman menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan 25 program unggulan Kabupaten Tangerang dan pada tahun 2016 ini fokus dititik beratkan pada program kebersihan. Lebih lanjut ia mengajak kepada peserta Musrenbang kali ini untuk senantiasa menjaga kebersihan minimal dilingkungan masing masing.

Masih dalam sambutannya ia pun mengingatkan berbagai program yang harus di laksanakan. Bukan hanya pada pembangunan fisik akan tetapi juga bagaimana meningkatkan  tarap ekonomi warga dengan pengembangan ekonomi kreatif. Hal ini sejalan dengan potensi, kondisi dan letak geografik kecamatan Kelapadua yang menjadi pusat perdagangan dan jasa.

Dalam ruang dialog yang di buka saat musrenbang ini, titik berat banyak di sampaikan kepada upaya meningkatkan dan penambahan sarana dan prasarana pendidikan semisal menambah ruang kelas. Hal ini perlu dilakukan dalam rangka memenuhi jumlah siswa yang tidak berbanding dengan ruang yang tersedia sehingga sekolah membaginya kedalam kelas pagi dan kelas siang yang seharusnya tidak terjadi. Kendala yang ada yaitu terbatasnya area kosong sekolah untuk pembangunan ruang kelas baru.

0139187061fb4481e6794143d02109b3deb8e32aa3

Hal lain yang mencuat adalah belum dimilikinya balai warga di 4 RW perkampungan dari lahan pemerintah. Sementara yang digunakan sekarang adalah rumah ketua RW atau sekretariat yang masih menggunakan lahan pengembang. Dalam kesempatan ini di usulkan pengadaan lahan fasos untuk di prioritaskan dalam usulan musrenbang. Acara di tutup dengan menetapkan delegasi untuk musrenbang tingkat kecamatan.

It's only fair to share...Share on LinkedInPrint this pageTweet about this on TwitterShare on FacebookEmail this to someoneShare on Google+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *